sabar ya
BAB I PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang I.2 Rumusan Masalah I.3 Tujuan Perancangan I.4 Manfaat Perancangan
I.5 Batasan Masalah
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
II.1 Tinjauan Teori
2.1.1 Teori seputar masalah yang
dikaji
2.1.2 Teori Advertising
2.1.3 Teori Marketing
2.1.4 Teori lain yang relevan
II.2 Perancangan Relevan
Berisi perancangan yang sudah
ada yang memiliki relevansi tema atau topik perancangan yang diangkat
II.3 Kerangka Pemikiran
BAB
III METODE PERANCANGAN DAN ANALISIS DATA
III.1 Metode Perancangan
Berisi jenis metode perancangan
yang digunakan, teknik pengumpulan data, hingga langkah/tahapan perancangan
yang digunakan.
III.2 Identifikasi Data
3.2.1 Data Produk
Berisi informasi mengenai produk,
produsen, dan pemasaran 4P/7P.
3.2.2 Data Kompetitor
Berisi informasi mengenai produk
dan pemasaran pesaing. Minimal 2 pesaing.
III.3 Analisis Data
3.3.1 Analisis dan Matrix SWOT
Berisi analisis kekuatan,
kelemahan, peluang, dan ancaman terkait kompetitor dan target audiens, serta
analisis matrixnya.
3.3.2 Hasil Analisis
Berisi produk positioning /
repositioning dan konsep periklanan yang didasarkan dari hasil matrix SWOT.
BAB IV. KONSEP PERANCANGAN DAN VISUALISASI
IV.1 Konsep Kreatif
4.1.1 Logika dan Strategi Kreatif
a) Logika
Kreatif
Berisi statement pokok
strategi periklanan.
b) Segmentasi
Audiens
Berisi target audiens yang
dituju. (geografis, demografis, psikografis, dan behaviour) c) Strategi
Promosi
Berisi strategi promosi yang akan
dilakukan. (advertising, direct
marketing, sales promotion, publicity, personal
selling)
d) Strategi Kreatif
Berisi trend yang berkembang
seputar konsumen, dan bangunan mitos produk (manfaat produk) dan desire respose (efek yang diharapkan).
4.1.2 Program Kreatif
a) Tema
Pesan
b) Pendekatan
Isi Pesan | rasional, emosional, moral
c) Bentuk
Pesan | what to say? How to say?
d) Daya
tarik pesan | selebritis, humor,
kesalahan, dsb
e) Pendekatan
gaya iklan |straight sell, slice of life,
life style, dsb
f) Tone
& manner | kepribadian; modern,
elegan, simple, dsb
g) Model
pendekatan persepsi visual (retorika) | analogy,
metaphor, simile, dsb
h) Copywriting
| Headline, Sub-headline, bodycopy, dsb
IV.2 Konsep Media
4.2.1 Strategi Media
a)
Media Utama | bentuk
media dan sasaran media
b)
Media Pendukung | bentuk
media dan sasaran media
4.2.2 Program Media I Jangkauan, Frekuensi, dan Kesinambungan Media
4.2.3 Budgeting |Biaya Perancangan dan Kreatif
IV.3 Konsep Visual
4.3.1 Tema Visual
4.3.2 Teknik Visualisasi
IV.4 Visualisasi
4.4.1 Penjaringan Ide Visual
a)
Bagi media konvensional berisi studi visual dan sketsa
kasar
b) Bagi
media film dan multimedia dapat dijelaskan karakterisasi visual seperti visual
karakter tokoh, visual karakter interior/exterior,dsb.
4.4.2 Proses Pengembangan Ide Visual
a)
Bagi media konvensional berisi Layout kasar – layout komprehensif
b) Bagi
media film dan multimedia ditambahkan storyboard
atau interface design
4.4.3 Pengarahan Visual | font, warna, ilustrasi, dsb
4.4.4 Final Desain
4.4.5 Aplikasi Media
BAB V. PENUTUP
V.1 Kesimpulan V.2 Saran