Apa itu Poster ? dan Bagaimana Cara Membuat Poster ?

Klik disini
Siapa yang tidak mengetahui soal Poster ? yah semua orang pastilah sering mendengar atau melihat Poster dalam kehidupan sehari-hari. Namun apakah ada yang tahu pengertian tentang poster ? atau bagaimana cara membuat poster yang baik ? Nah berikut ini penjelasan mengenai poster dan langkah-langkah pembuatannya.

Poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca.
 

Berikut ini Langkah-langkah membuat poster

1. Menentukan tema dan tujuan

Tema merupakan ide atau gagasan pembuatan poster, contohnya pendidikan, traveling, dll. Sedangkan tujuan merupakan penjabaran untuk tema yang dipilih. Misalnya jika temanya pendidikan, mungkin tujuannya untuk informasi penerimaan murid baru atau jika temanya traveling, mungkin promosi untuk wisata tertentu, dll.

2. Memilih ukuran yang dikehendaki

Beberapa ukuran standar adalah A4, A3, dan B2. Ukuran bisa dipilih dengan menyesuaikan tempat pemasangannya, misalnya apakah poster hendak diletakkan di majalah dinding, papan pengumuman, dll.

3. Menyusun kalimat dengan singkat, padat, dan jelas

Pada penyusunan kalimat, hindari pengulangan kata. Sebaiknya menghunakan kalimat yang persuasif. Penggunaan slogan tidak kalah penting, karena bisa menjadikan orang untuk mudah mengingatnya.

4. Memilih kata dan gambar yang menarik dan mudah diingat

Gambar dapat membantu untuk visualisasi ide atau gagasan. Namun pastikan gambar tidak tumpang tindih, yaitu dengan menyisakan ruang untuk teks biar tidak kelihatan penuh.

5. Menuliskannya dengan huruf besar dan menggunakan warna yang menarik

Poster biasanya tidak dilihat orang langsung dari jarak dekat begitu saja. Mungkin merela lewat, lalu mendekatinya jika merasa tertarik. Karena itu, sebaiknya gunakan teks dengan huruf besar dan menggunakan warna yang kontras dan variatif biar lebih kelihatan daripada objek lain yang berada di sekitarnya. Warnai poster dengan pensil warna, krayon, spidol, cat, ataupun alat dan bahan pewarna lainnya.

Berikut ini 2 contoh poster


Sekian dari saya terima kasih.
Comments


EmoticonEmoticon